Semakin rapinya perusahaan, maka biasanya perusahaan tersebut memiliki dokumentasi dan standarisasi di setiap jenis pekerjaan. Dan ini akan memudahkan Anda memulai pekerjaan sebagai pengembang web (web developer). Pada saat masuk ke perusahaan tersebut, bila anda tidak menemukan tanda-tanda yang jelas dan bingung mau kemana. Maka ketahuilah, perusahaan tersebut pasti kacau dalam melakukan pekerjaan. Anda dibiarkan bingung dan tidak ada yang memperhatikan anda dengan waktu tunggu yang lama. Staffnya pun pasti akan acuh tak acuh, menyepelekan, tidak mau mendengar, terlalu banyak bicara dan menggampangkan masalah. Dan ini adalah tugas yang sangat berat bagi anda. Bukan hanya membuatkan website, tetapi juga memperbaiki budaya (culture) yang tidak baik tersebut agar website dapat berjalan dengan semestinya. Karena percuma saja Anda membuatkan web, tetapi saat website jadi tidak ada satupun staff yang mau menggunakan web tersebut untuk mengganti pola kerja lama menjadi pola kerja baru. Jadi kesan pertama Anda ke tempat klien sangat penting.

Bila belum ada standarisasi dalam suatu pekerjaan, maka Anda mempunyai tugas yang berat untuk meminta agar mereka membuat standarisasi terlebih dulu. Karena kalau tidak, maka program anda akan habis dibongkar pasan dan akhirnya tidak selesai, merugi dan malah tidak dibayar.

Budaya Kerja Yang TIdak Teratur

Budaya Kerja Yang TIdak Teratur

Beda dengan perusahaan yang memiliki budaya yang baik. Semua dinding biasanya rapi dan tertata baik dengan aturan-aturan yang jelas. Staffnyapun biasanya ramah dan waktu tunggu yang tidak terlalu lama bila anda membuat janji. Mereka punya standariasi di setiap jenis pekerjaannya. Budaya kerja seperti ini akan memudahkan anda dalam membuatkan website. Anda tinggal mengikuti alur yang sudah ada, memperbaiki sedikit dengan cara online, maka tidak perlu repot biasanya minta approval.

Budaya Kerja yang Rapi dan Baik

Budaya Kerja yang Rapi dan Baik

Semoga panduan di atas membantu Anda dalam memprediksi seberapa sulit pekerjaan Anda nanti.